Sambutan Ketua Umum POSBI Periode 2020/2025: Erni Bajau

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati, Dewan Pembina yang selama ini telah setia mengayomi,
Yang saya hormati, jajaran pengurus organisasi beserta anggota,
Dan semua masyarakat Sama Bajau/Bajo di Seluruh Pelosok Tanah Air,

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberi rahmat-Nya, hingga hari ini kita begitu bersemangat dengan penuh rasa persatuan dan kebersamaan dalam menjalankan visi dan misi organisasi POSBI.

Populasi masyarakat Sama Bajau semakin hari kian bertambah, tersebar hampir di semua wilayah di Indonesia. Keberadaan Etnis Sama Bajau di tengah-tengah masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia semakin kompleks dan dinamis  sehingga menjadi alasan saya menginisiasi terbentuknya sebuah organisasi masyarakat Bajo bernama Persatuan Orang Sama Bajau Indonesia yang kemudian disingkat menjadi POSBI

Bermula dari sebuah pertemuan tujuh orang pemuda aktivis Bajau, yakni; Erni Bajau (saya mewakili Forum Bajau Indonesia), Tasdik/Ridal (dari Sama Bajo Nusantara), Parman (dari Bajo Bangkit), Leo Kusuma Asryad (Aktivis Bajo SulTra), dan Rudi (Jurnalis Metro TV) , Tedi (Adik Rudi), dan satu orang pemerhati budaya Bajau Tomi Kibu (Sineas Sultra), tepatnya tanggal 16 Juli 2019, di Kantor PT. MBI di Galur – Jakarta Pusat, melalui proses berdebatan alot membahas nama organisasi yang pas dan bisa mewakili unsur kehidupan, falsafah, dan sejarah masyarakat Bajau, beberapa nama akronim organisasi dimunculkan, berdebatan yang dimulai sejak pukul 21.00 WIB sampai dengai dengan pukul 04.00 WIB dini hari, tidak membuahkan kesepakatan hingga rapat nonformal itu berakhir. Pertemuan nonformal tersebut berakhir dengan tidak menghasilkan nama organisasi yang diharapkan bisa menjadi wadah pemersatu masyarakat Sama Bajau.

Baca juga:  Ketua Umum POSBI Diundang Kementerian ATR PBN dalam FGD Membahas Hak Sertifikat Tanah Masyarakat Bajau

Tanggal 20 Juli 2019, dengan diamini kawan-kawan (peserta pertemuan sebelumnya), saya akhirnya menginisiasi, membentuk organisasi masyarakat Bajau dengan nama Persatuan Orang Sama Bajau Indonesia yang kebudian di singkat POSBI sehingga tanggal 20 Juli 2019 akhirnya dijadikan sebagai Hari Lahir atau Hari Terbentuknya POSBI.

Saya berharap POSBI dapat menjadi wadah/organisasi yang dapat mempersatukan masyarakat Bajau seluruh Indonesia, sebagai wadah menjalin silaturrahim antarmasyarakat dan antarorganisasi, sebagai pusat penyajian data informasi kependudukan, informasi pusat kebudayaan, pendidikan, kesehatan, sandang, pangan, dan sebagainya. Oleh karena harapan tersebut, salah satu program saya adalah menyediakan situs berbasis website untuk semua kepengurusan POSBI di semua wilayah.

Baca juga:  Melihat dari Dekat Kampung Pengembara Laut suku Bajau di Gorontalo

Dengan umur POSBI yang masih sangat muda, masih dalam tahap pembenahan, penataan organisasi, pemetaan wilayah kepengurusan, sosialisasi, dan hal-hal lain yang belum memungkinkan untuk dilaksanakannya Kongres dan seremonial lainnya sehingga jabatan Ketua Umum saya ambil alih, tentu di bawah pengawasan para Dewan Pembina, Dewan Penasihat, dan Para Pengurus Besar POSBI lainnya.

Baca juga:  Ingin Jadi Ketua POSBI di Desa Anda? Daftar Sekarang!

Semoga di masa yang akan datang, POSBI menjadi organisasi yang besar dan kuat, bersungguh-sungguh, penuh semangat, bersama saling mendukung, saling mengayomi, saling melindungi, saling menjaga, tolong-menolong, saling peduli, menjalin hubungan kekeluargaan, baik diantara para pengurus POSBI, maupun diantara para pengurus organisasi Bajau yang telah ada.

Demikian sambutan dari saya, semoga dapat memberi motivasi, semoga selalu solid dan terus bekerja sama untuk kebaikan bersama.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Erni Bajau
Tentang Saya, Kunjungi Situs Saya: ERNIBAJAU.COM

Admin POSBI
Author: Admin POSBI

Admin POSBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lewat ke baris perkakas