Prosedur Menjadi Anggota POSBI, Fasilitas: Website Pribadi dan ID Card sebagai Pewarta dan Penulis di Media Partner PT. MBI

 

Jakarta – POSBI (Persatuan Orang Sama Bajau Indonesia) menerbitkan kartu identitas (Citizen Reporter Card ) bagi  anggota POSBI  dan masyarakat umum yang berminat menjadi pewarta di media partner PT. Multimedia Bajau Indonesia. Tidak hanya ID Card, Anggota Premium (Anggota yang membayar iuran/subsidi) juga difasilitasi website pribadi. 

A. Siapa saja yang bisa memiliki ID Card POSBI dan menjadi Anggota POSBI?

  1. Semua unsur masyarakat (umum) yang berminat menjadi penulis berita atau penulis karya literasi di media Partner Milik PT. Multimedia Bajau Indonesia (MBI)
  2. Orang Sama Bajau/Bajo, atau Keturunan Bajau, atau Ikatan Suami/Istri Bajau, Pemerhati Bajau (bukan Bajau), atau Peneliti Bajau (Bukan Bajau).

B. Apa saja manfaat yang didapat jika menjadi Anggota POSBI?

  1. Disediakan media publikasi milik PT. MBI maupun media pertner PT. MBI untuk menjadi penulis berita (jurnalis warga), penulis karya literasi lainnya , peneliti, karya seni, toko online, dapat memasang iklan, dan lain sebagainya
  2. Relasi antarsesama Bajau semua wilayah di Indonesia
  3. Dibuatkan Website Pribadi untuk Anggota Premium
  4. Kemudahan mendapatkan akses informasi tentang suku Bajau
  5. Dilibatkan dalam Program POSBI baik Daerah maupun Nasional
  6. Setiap Kepengurusan Wilayah dibuatkan situs website kesekretariatan
  7. Kepengurusan POSBI per wilayah mengelola Struktur Organisasinya secara Independen dengan berkoordinasi dengan Pengurus di tingkat atasnya
Baca juga:  POSBI Meluncurkan Fitur Layanan 24 Jam Chat dan Obrolan Langsung di Situsnya

C. Apa fungsi ID Car Anggota POSBI?

  1. Berfungsi sebagai tanda pengenal dalam setiap aktivitas penulisan berita (jurnalis warga) yang meliputi mengumpulkan dan membagikan informasi kepada masyarakat.
  2. Sebagai Kartu Tanda Anggota POSBI Premium atau KTA Berbayar
  3. Media utama yang dapat digunakan oleh setiap pewarta atau penilis adalah: untuk media siber, www.posbi.id dan www.bajauindonesia.com untuk media cetak (Tabloid) Bajau Indonesia (khusus berita/tulisan Bajau) dan Haluan Indonesia (Berita/Tulisan Umum)

D. Kapan masa berlaku ID Card dan Website Pribadi Anggota?

Masa berlaku ID Card yang dikeluarkan secara resmi oleh Pengurus POSBI adalah 1 tahun, dimulai sejak tanggal diterbitkannya kartu ID Card dan sesuai dengan masa berakhirnya hosting website pribadi anggota. Ketentuan bagi setiap orang yang ingin menjadi anggota dan mendapatkan ID Card Citizen Reporter POSBI, adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki keinginan untuk berbagi informasi dalam bentuk berita, artikel, opini, foto, video, dan lain-lain secara benar dan bertanggung jawab.
  2. Segala bentuk pemberitaan dan tulisan adalah tanggung jawab Pewarta dan Penulis.
  3. Amat disarankan agar memiliki situs pribadi, situs komunitas, atau situs media online, dan bentuk media berbagi informasi lainnya.
  4. Mengisi dan mengirimkan Formulir Pendaftaran DI SINI, atau DI SINI www.posbi.id/formulir-anggota. Pendaftaran dapat juga dilakukan melalui WhatsAp hubungi Nomor WA +6285394662345 (a.n. Admin PT. MBI)
  5. Saat pengisian formulir, siapkan: nomor KTP, Email aktif (jika tidak memiliki email, kami bisa membuatkan) Foto Resmi (pasfoto) untuk keperluan foto di ID Card.
  6. Mensubsidi atau biaya iuran pembuatan/penerbitan ID Card+ membayaran hosting website sebesar Rp. 200.000,– (Dua ratus ribu rupiah) pertahun. Jika tahun berikutnya tidak memperpanjang ID Card dan masa hosting website maka ID Card tidak akan berlaku lagi dan website akan tertutup otomatis.
  7. ID Card dicetak oleh masing-masing Anggota, karena kami hanya mendesain dan mengirimkan ID Card dalam bentuk Elektronik, karena menghindari ongkos kirim, namun jika ingin dicetakkan maka anggota menanggung biaya ongkos kirim
  8. Dana subsidi/iurang Anggota Premum dapat dikirimkan melalui 2 nomor rekening berikut:
    – Bank BRI atas nama ERNI, S.PD.,M.HUM, Nomor Rekening: 019201037477502 (bebas biaya pajak)
    – Bank BRI atas nama PT. Multimedia Bajau Indonesia, Nomor Rekening: 001801002690307 (Dikenakan biaya pajak 10%)
    – Kami tidak merekomendasikan nomor rekening lain. Kami tidak bertanggung jawab atas dana yang Anda bayarkan jika pembayaran Anda tidak melalui dua rekening di atas.
Baca juga:  POSBI Buka Toko Online, Anggota sudah Bisa Beli dan Jual Produknya di Toko POSBI

E. Bagaimana cara mentransfer biaya ID Card dan Website Pribad

  1. Isi Formulir Anggota DISINI
  2. Gunakan 3 digit kode unik yakni 3 digit angka terakhir nomor HP Anda, pada tiga angka terakhir nominal pembayaran Anda, misal: nomor HP Anda adalah 085394662345 maka nomonal yang ditransfer adalah Rp200.345

F. Bagaimana dengan Perpanjangan ID Card dan Perpanjang Website Pribadi?

  1. Membayar subsidi/iuran dengan nominal yang telah ditentukan
  2. Mengirimkan foto ID Card yang lama untuk dibuatkan ID Card Baru
  3. Jika kesulitan atau kendala login website atau kendala lainnya, silakan hubungi WA kami di nomor: 0853 9466 2345 atau di situs RUMAH WEBSITE INDO

G. Dimana Alamat POSBI dan PT. MBI?

Alamat Dewan Pimpinan Pusat POSBI dan PT. MBI
Jalan Moch. Ali, Nomor 3, RT. 9/RW. 4, Tanah Tinggi (atau Baladewa kiri 1 – Patokan SPBU Galur) Jakarta Pusat, Kode Pos: 10540, Nomor Kontak Admin: 0853 9466 2345

2 thoughts on “Prosedur Menjadi Anggota POSBI, Fasilitas: Website Pribadi dan ID Card sebagai Pewarta dan Penulis di Media Partner PT. MBI

  1. I absolutely love your site.. Excellent colors & theme. Did you make this site yourself? Please reply back as I’m attempting to create my own site and would love to know where you got this from or what the theme is named. Appreciate it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lewat ke baris perkakas